Langkah Memulai Usaha Roti Bakar Bandung Rumahan

Bisnis dan bisnis itu hal yang sering di dengar oleh telinga kita. Membangun bisnis membuat roti tawar bandung rumahan bisa jadi pilihan menarik bagi siapa saja yang bingung harus memilih apa. Bisnis rumahan masuk dalam golongan ukm yang modalnya tidak terlalu besar. Dan bisa di lakukan dengan tempat yang tidak terlalu besar. Bisa saja menggunakan dapur atau garasi sebagai tempat pembuatannya. Ini di karenakan alat – alat yan di pakai ukurannya tidak besar.
 
Pebisnis roti sebagai penjual roti tawar bandung sudah paham dengan market yang mau di bidik. Coba lihat di sekitar anda kalau saja mampir ke sebuah kios di pinggir jalan. Disana akan ada roti seperti ini yang seringnya menambahkan coklat, keju, moca, susu pada bagian tengahnya agar lebih nikmat. Harganya sendiri bervariasi mulai dari yang harga 1000an hingga 5000an. Ini bergantung dengan ukuran dan jenisnya juga.
 
Model pemasaran usaha ini adalah dengan sistem titip dan jual. Tiap harinya akan ada orang yang datang untuk mengecek roti apa saja yang sudah terbeli pembeli pada hari sebelumnya. Dan saat itu juga orang tersebut akan mengisi kembali dengan stok terbaru. 
Kemampuan dari produksi sendiri akan sangat mempengaruhi luasnya penjualan. Kalau saja hanya bisa membuat ratusan pcs dalam sehari maka jangkauan paling hanya sekitar – sekitar situ saja. Dalam penggunaan alat transportasinya ini bisa menggunakan sepeda onthel atau sepeda motor. Seringnya dengan membawa rompong di belakangnya untuk membaca rotinya. 
Namun kalau usaha ini sudah dapat memproduksi roti dalam skala yang lebih besar maka untuk wilayah penjualannya pun bisa lebih di perluas karena produksinya dapat melayani dalam jumlah yang banyak. Untuk menunjang dalam pendistribusian roti sendiri dapat menggunakan kendaraan roda 3 atau empat. Untuk skala seperti ini jangkauan sudah keluar kelurahan bisa sampai ke kecamatan. 
 
Gimana? Ada keinginan menjalankan bisnis semacam ini?? Kalau iya ada hal yang perlu di perhatikan dengan baik. Apa saja itu??
 
1. Yang pertama adalah anda harus punya keahlian dalam membuatnya baik nantinya di buat sendiri atau bisa saja mempekerjakan karyawan yang sudah bisa dalam membuat rotinya.
 
2. Yang kedua adalah memiliki alat – alat penunjang mulai dari alat produksi yang bentuknya berupa mesin. Dalam bisnis roti seperti ini anggaran yang lumayan menyita keuangan adalah ketika membeli peralatan ini di awal, seperti :
 
Mixer. Mixer berguna untuk mengaduk semua bahan dalam satu wadah sehingga di hasilkan suatu adonan roti yang di inginkan.
 
Mesin proofer
Mesin proofer ini sering di sebut dengan lemari pengembang roti. Roti akan di persiapkan agar adonan yang sudah ada tadi bisa mengembang dengan baik sebelum di masukkan ke dalam oven. Roti yang mengembang baik adalah kunci sukses dalam membuat roti.
 
Dough Divider
Dough Divider adalah sebuah mesin yang fungsinya untuk membagi – bagi adonan roti dengan ukuran dan berat yang sama. Sehingga semua roti akan memiliki berat adonan yang sama meskipun bentuk, rasa berbeda satu dengan lainnya.
 
Oven
Oven di gunakan untuk memanggang rotinya sendiri. Ini adalah step terakhir dalam proses produksi sebelum masuk dalam proses packing.
 
Sebenarnya ada peralatan lainnya yang punya peranan penting juga misalkan, loyang. pemotong roti, cetakan, pisau potong, mesin kupas dan lainnya. Untuk kisaran harga – harga ini sangat beragam sekali bergantung dari jenis, merknya juga antara 5 juta sampai 20 jutaan. Tetapi kalau mau yang jauh lebih komplit untuk mesin produksi budget yang di perlukan bisa sampai 2 – 3 kali lipat.
 
Kira – kira masih masuk akalkan?? Peralatan ini hanya di beli diawal saja dan selanjutnya hanya melakukan maintenance saja. Lakukan perawatan secara berkala agar awet dan tahan lama.
 
Bila anda masih belum memiliki modal yang cukup maka tidak perlu minder. Karena dapat menggunakan peralatan yang sederhana misalkan mixer, loyang kecil, spatula dan oven. Peralatan ini penting keberadaannya. Mesin yang di sebutkan di atas ini gunanya untuk lebih mempermudah dan mempercepat dalam proses pembuatan.
 
Beberapa mesin yang ada di atas itu masuk kategori pembuatan roti yang skalanya sangat serius. Dan pastinya kalau sudah tahu seperti ini membuat motivasi anda bergerak memilikinya juga.
 
Cerita di atas ini dulu juga di rasakan oleh velavinka bakery. Memulai usaha dari bawah hingga sekarang memiliki tempat sendiri untuk berjualan. Penikmat roti sudah banyak sekali dari berbagai kalangan. Bahkan dari perusahaan- perusahaan besar pun memesan roti di sini untuk acara rapat, ulang tahun, gathering dan lainnya.