Bahaya Bulu Kucing Bagi Kesehatan Manusia

Walaupun kucing merupakan hewan lucu dan menggemaskan yang banyak dipelihara manusia, taukah kamu kalau kucing juga bisa menimbulkan penyakit bagi manusia? Terutama pada bulunya. Penyebabnya akibat banyaknya bakteri dan parasit yang menempel pada bulu kucing. Itu karena bulu kucing yang kotor karena tidak dirawat dengan baik. Ditambah lagi dengan lingkungan kucing yang sering bermain di tempat-tempat yang kotor akibat kurangnya pengawasan dari kita sendiri. Selain itu, dengan lingkungan tempat tinggalnya yang tidak sehat dapat menimbulkan penyakit.  Bulu kucing dapat menyebabkan gangguan daya tahan tubuh khususnya bagi ibu hamil.

Nah dibalik penampilan bulu kucing yang halus dan lembut, terdapat penyakit yang ditimbulkannya dan dapat mengganggu kesehatan manusia. Ingin tahu apa saja sih penyakit yang berasal dari bulu kucing? Yuk kita bahas bersama.

Penyakit cakar kucing ( Cat Starch Disease)

Penyakit ini dberasal dari bakteri Bartonella Henslae yang berpindah ke kulit kita lewat gigitan atau cakaran kucing. Selain itu juga bisa ditularkan saat kamu mengelus bulunya yang lembut, tetapi secara tidak sadar kamu mengusap matamu dengan tangan yang baru kamu gunakan untuk mengelus bulu kucing. Efeknya akan menimbulkan benjolan dibekas cakaran atau gigitan.

Kurap (Ringworm)

Kurap tergolong penyakit kulit yang disebabkan dari infeksi jamur yang dapat ditularkan oleh kucing. Nah penularannya sendiri bisa terjadi saat kamu membelai bulu kucing. Ciri-ciri kurap seperti lingakaran kecil pada kulit yang gatal , berwarna cokelat dan bersisik. Pastinya penyakit ini menganggu aktivitas kamu dan membuat kamu merasa tidak nyaman kan?

Asma

Asma merupakan penyakit akibat gangguan pernapasan. Hal itu bisa disebakan dari bulu kucing. Namun, gejala asma akibat bulu kucing bisa kita deteksi dengan  cepat kalau kita segera memeriksakan diri ke dokter.

Bahaya bagi Ibu Hamil

Bagi kamu yang sedang hamil, lebih baik untuk menjauhi kucing tertuama bulunya. Mengapa? Karena penyakit tokso dari parasit toksoplasma gondii  yang dibawa oleh bulu kucing bisa menimbulkan kecacatan pada bayi saat lahir dan rentan mengalami keguguran bagi si ibu. Parasit ini berkembang biak terutama di usus halus hewan berdarah panas. Ternyata bahaya sekali bukan?

Setelah mengetahui penyakit akibat dari bulu kucing, pastikan kamu selalu mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri setelah kamu memegang kucing, dan sebelum kamu menyiapkan makanan kucing ya! Selain itu, kamu dianjurkan untuk selalu memeriksakan kondisi kucing kamu ke dokter hewan terdekat dan jangan lupa diberi vaksin.  Nah dengan diberi vaksin,  kucing kamu terhindar dari bakteri jahat dan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh si kucing agar ia selalu sehat. Kamu juga harus selalu merawat kucing agar ia selalu dalam keadaan bersih, termasuk bulu dan cakarnya. Kucing suka bermain di tempat yang kotor. Untuk itu lah kamu harus membersihkannya dengan shampo khusus kucing.

Coba kunjungi blog kesehatan wanita https://clubwanita.com untuk dapatkan lebih banyak referensi kesehatan dan juga kecantikan.

Memelihara kucing memang sangat menyenangkan bagi penggemarnya, namun harus memperhatikan resiko kesehatannya. Ayo mulai sekarang lebih rajin lagi ya merawat kebersihan si kucing agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merugikan  kamu. Semoga informasinya dapat bermanfaat untuk kita semua.